Kasus Dugaan Pungli, Kadisdik Penuhi Panggilan Kepolisian

CIREBON – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Cirebon, Drs H Asdullah Anwar diketahui berada di Mapolres Cirebon penuhi panggilan, Senin (27/11). 
Kadisdik Kabupaten Cirebon Asdullah Anwar. dok. Rakyat Cirebon
Informasi yang diperoleh, kedatangan Kadisdik ini terkait adanya beberapa aduan dugaan pungutan liar yang dilakukan oleh oknum internal disdik kepada penerima bantuan beberapa program.

Salah satunya adalah dugaan pungutan kepada penerima Blok Grand Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tahun 2016 dan Program Pendidikan Kecakapan Hidup Tahun 2015. Issue yang berkembang, dua program itu dijatah oleh oknum disdik sebesar sepuluh persen dari total bantuan yang diterima.

Untuk diketahui, di Tahun 2015, Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon memperoleh bantuan untuk 10 Lembaga Kursus dan Pelatihan dengan total sebesar Rp358,75juta. Setiap LKP, diketahui mendapatkan bantuan beragam mulai dari Rp35 Juta hingga Rp43 juta.

Di Tahun 2016, Disdik kembali mendapatkan bantuan untuk 18 LKP dengan total anggaran sebesar Rp1,026 Miliar. Ada beberapa jenis kursus yang dicantumkan dalam bantuan tersebut dengan anggaran untuk LKP berkisar diantara Rp27 juta hingga Rp 81 juta.

Kedua program bantuan itu bersumber dan Dana APBN yang ditransferkan langsung melalui Rekening Kas Umum Daerah Provinsi Jawa Barat kepada RKUD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon dan dilanjutkan ke rekening penerima masing-masing. Dengan dalih jasa terima kasih, oknum disdik ini diduga mematok tarif sepuluh persen dari masing-masing LKP.

Kapolres Cirebon, AKBP H Risto Samodra SSos SIK SH MH melalui Kasat Reskrim AKP Reza Arifian SIK yang ditemui Rakcer membenarkan adanya penyelidikan yang dilakukan oleh pihaknya terhadap disdik. Hanya saja, Reza tidak secara jelas menyebutkan kasus apa saja yang terngah diselidiki.

Termasuk juga pemanggilan terhadap beberapa pejabat di lingkungan Disdik, Reza membenarkan. “Sesuai jadwal memang ada pemanggilan (untuk kadisdik),” ungkapnya.

Ditanyakan mengenai permasalahan yang tengah diselidiki, Reza enggan menjelaskan. Termasuk juga materi pemanggilan, Reza menegaskan hal tersbeut masih berada di penyidik. “Hasilnya seperti apa belum bisa dijelaskan masih dalam ranah penyelidikan,” singkatnya.

Sementara itu, saat coba ditemui, kadisdik tidak berada di dikantornya. Saat wartawan menghubungi melalui telepon, Asdullah mengaku akan menggelar rapat. “Nanti saja ketemu. Saya sekarang ada rapat dan nanti mau ada perlu di Kota. Nanti saya hubungi lagi,” ungkapnya. (yog) 

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Kasus Dugaan Pungli, Kadisdik Penuhi Panggilan Kepolisian"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus