Aduh! Sulit Sekali Cari Pekerjaan

INDRAMAYU - Tingginya angka pengangguran di Kabupaten Indramayu sangat dimungkinkan dipengaruhi berbagai faktor. Tidak terkecuali kesulitan yang dialami para pencari kerja (pencaker) dalam mendapatkan pekerjaan. 
ribuan pencaker padati job fair indramayu
Ribuan pencaker padati Job Fair Indramayu. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Sehingga dengan digelarnya Job Fair 2017 menjadi pengharapan besar agar bisa bekerja yang pada akhirnya dapat memperbaiki perekonomian individu, keluarga, maupun dalam lingkup daerah.

Disampaikan salah satu pengunjung Job Fair 2017, Lina. Gadis lulusan SMK tahun 2016 ini berusaha menentukan pilihannya untuk memasukan lamaran kerja pada kegiatan yang diselenggarakan pemerintah daerah tersebut.‎ 

Salah satu perusahan bertaraf nasional dengan produk makanan dipilih dengan menyesuaikan kriteria lowongan kerjanya. "Ada (pilihan, red) pabrik makanan di Bekasi. Sudah masukin lamarannya, mudah-mudahan diterima," kata pencaker asal Kecamatan Indramayu ini, Rabu (29/11).

Sejak lulus SMK, gadis ini mengaku sudah berusaha mencari pekerjaan dengan memasukan lamaran kerja ke beberapa perusahan. Namun hingga kini tak kunjung mendapat panggilan untuk bekerja. 

Sehingga selama ini ia menyibukan diri dengan berjualan makanan di depan rumahnya untuk menambah penghasilan keluarga. "Dagang kecil-kecilan, hasilnya tidak seberapa. Mungkin kalau bekerja di pabrik penghasilanny bisa lebih layak untuk membantu ekonomi keluarga," tutur dia.

Pencaker lain, Desi (22) asal sebuah desa‎ di Kecamatan Haurgeulis mengatakan, kesulitan dalam mencari pekerjaan di Indramayu juga disertai sulitnya mendapat informasi lowongan kerja. Sehingga untuk dapat memiliki penghasilan, membuka warung kecil-kecilan menjadi pilihannya. Dan kini melalui Job Fair 2017, diharapkan lamarannya bisa diterima meski hanya untuk formasi buruh pabrik. "Tinggal berdoa, semoga saja lolos dan diterima kerja," ucapnya.

Sementara salah satu pencaker dari Kecamatan Jatibarang, Pipit Raharjo sangat berharap mendapatkan pekerjaan meski harus bersaing. Pasalnya, setelah kontrak kerjanya di sebuah SPBU habis, kesulitan mendapatkan informasi lowongan kerja sangat dirasakannya. "Berharap bisa diterima dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai," ungkapnya penuh harap.

Sedangkan Job Fair 2017 yang diselenggarakan Pemkab Indramayu di halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja itu akan berakhir hari ini, Kamis (30/11). Sebanyak 28 perusahaan dengan 5.022 formasi lowongan pekerjaan disediakan sejak Selasa (28/11) lalu. (tar)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Aduh! Sulit Sekali Cari Pekerjaan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...