Menanti Angin Segar dari Kawasan Pesisir

LEMAHWUNGKUK – Rencana pengembangan wilayah pesisir Cirebon sebagai kawasan wisata baru rupanya ditunggu – tunggu penduduk pesisir, khususnya yang berprofesi nelayan. Hal tersebut disampaikan Ketua Rukun Nelayan Kesenden Kota Cirebon, Sofyan.
pesisir cirebon bakal jadi kawasan wisata baru
Tim pengembangan kawasan wisata tinjau pesisir Cirebon. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Menurutnya, rencana pengembangan wilayah pesisir justru bakal mensejahterakan nelayan. Pasalnya, dengan lingkungan yang bersih dan tertata, nelayan Cirebon berharap bakal lebih mudah mendapatkan pekerjaan tambahan.

Hal itu dikemukakannya mengingat hasil tangkap nelayan Cirebon masih terbilang minim lebih lagi jika cuaca laut tidak menentu. “Kami berharap rencana pengembangan kawasan wisata pesisir segera direalisasikan, nelayan  mendukung,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasubag TU Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan, Anam Tofani menjelaskan, program pengembangan wilayah pesisir pantai tidak berdampak buruk bagi hasil tangkap nelayan Cirebon.

Pasalnya, potensi perikanan di pesisir Cirebon justru agak jauh dari bibir pantai. Mengingat, buruknya keadaan pantai Cirebon sehingga  tidak bisa  menjadi rumpun bagi biota laut komoditas nelayan.  

Oleh karena itu, kata dia, rencana pengembangan kawasan wisata di pesisir  menjadi angin segar bagi pemulihan perekonomian masyarakat pesisir. “Karena hasil tangkap itu jauh dari bibir pantai, saya kira tidak masalah untuk pengembangan  kawasan wisata, malah bagus,” ujarnya.

Kepala Dinas Pangan  Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon, Maharani Dewi menjelaskan,  pengembangan kawasan wisata di pesisir Kota Cirebon merupakan terobosan   guna tingkatkan kualitas pantai kota.

Pasalnya, tutur Maharani, keadaan pantai  Kota Cirebon  perlu mendapatkan peremajaan. Karena saat ini dalam keadaan yang memprihatinkan.  Untuk itu, dibutuhkan upaya serius dari pemkot Cirebon dalam pemberdayaan masyarakat pesisir.

“Bukan tanggung jawab pemerintah saja, tapi semua elemen harus ikut membersihkan laut dan pantai,” tutupnya.(wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Menanti Angin Segar dari Kawasan Pesisir"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...