KPU Mulai Verifikasi 17 Parpol

SUMBER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, menggelar sosisalisasi mekanisme pendaftaran dan  verifikasi 17 partai politik di Kabupaten Cirebon, dalam persiapan Pemilu legislatif (Pileg) yang akan berlangsung tahun 2019 mendatang.
kpu kabupaten cirebon sosialisasi pilkada
KPU Kabupaten Cirebon sosialisasi pilkada. Foto: Dandy/Rakyat Cirebon 
Ketua KPU Kabupaten Cirebon Saefuddin Jazuli MSi mejelaskan, pendaftaran dan verifikasi partai politik ini dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten, kemudian provinsi dan pusat. 

Menurut Pria yang akrab disapa Asep itu, verifikasi tersebut juga dilakukan kesemua parpol yang ada di Kabupaten Cirebon baik itu yang lama maupun yang baru.

Karena menurut Asep, pendaftaran dan verifikasi parpol ini bukan untuk pelaksanaan pilkada.  Melainkan untuk persiapan pileg dan pilres 2019 mendatang. Dan Semua parpol berkasnya akan diteliti untuk dilakukan verifikasi.

“Sedangkan mekanisme pendaftaran dan verifikasi parpol untuk pileg mendatang sebenarnya ada ditingkat pusat, yang agendanya dilakukan pada tanggal 3-16 Oktober 2017, dengan menggunakan sistem Informasi Partai Politik (Sipol, Red),” katanya kepada Rakyat Cirebon, Senin (2/10).

Lebih lanjut kata Asep, sedikitnya lima partai baru yang ikut pendaftaran dan verifikasi pada pileg nanti, kelima partai tersebut diantaranya, Partai Perindo, Partai Idaman, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Berkarya dan Partai Garuda. Sementara partai lama sendiri jumlahnya ada 12 parpol. 

“Dan yang menentukan mereka lolos verifikasi atau tidak itu adalah KPU pusat. Jika lolos mereka ditetapkan sebagai partai peserta pemilu termasuk pengundian nomor urut,” tuturnya.

Sementara itu, Sonang Maulidin Malik SH mengatakan, kegiatan sosialisasi itu merupakan agenda penting yang harus dilakukan, karena pihaknya harus menyamakan persepsi dengan seluruh parpol yang ada, agar tidak terjadi kesalah fahaman.

“Kegiatan ini menjadi bagian penting dari KPU dalam memberikan informasi dan pengetahuan khususnya kepada partai politik yang baru,” katanya.

Dikatakan Sonang, dengan diadakannya kegiatan ini pihaknya berharap bisa memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada partai politik tentang seluruh informasi yang di berikan oleh KPU. (dym)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "KPU Mulai Verifikasi 17 Parpol"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...