Harga Bata Merah Lebih Mahal Saat Musim Hujan

‪MAJALENGKA – Memasuki musim hujan membuat produksi bata di wilayah Ligung, Sumberjaya, Jatiwangi dan Palasah naik. Bahkan, banyaknya permintaan bata merah membuat harganya juga makin mahal. 
produksi bata merah majalengka terganggu musim hujan
Perajin bata merah Majalengka. Foto: Herik/Rakyat Cirebon 
Perajin bata merah di wilayah Ligung, Sanyar (58) mengatakan, bahwa meski dari sisi kualitas, bata merah pada saat musim hujan tak sebagus kemarau, namun pembelinya cukup banyak. Sehingga para petani yang nyambi membuat bata merah tampak senang.

"Kalau mau bagus memang diproduksinya itu saat kemarau, tapi pembelinya sedikit. Sekarang, malah banyak pesanan. Ya meskipun saya bagi-bagi waktu, karena tak lama lagi akan panen padi," jelas Sanyar, Minggu (1/10).

Menurutnya, sebagian perajin bata merah masih tetap mempertahankan pekerjaannya. Bahjan, para perajin memanfaatkan musim hujan ini di bagai lahan mencari keuntungan yang banyak. 

Selain itu, kata dia, memasuki musim penghujan pembeli semakin banyak, hal itu tentunya harga bata mentahpun mengalami kenaikan.

"Karena permintaan cukup banyak, harga bata merah mulai meningkat. Pekerjaannya juga semakin sulit, karena kalau terlalu banyak air, saat hujan, pembakarannya membutuhkan lebih banyak kayu bakar," ungkapnya.

Perajin lainnya, Udi mengatakan, harga bata merah saat ini masih berkisar Rp700 per bata merah. “Namun, jika telah memasuki musim hujan harga bata merah bisa menyentuh Rp900 per bata merah,” imbuhnya.(hrd)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Harga Bata Merah Lebih Mahal Saat Musim Hujan"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...