Dua Kepala Desa Terpilih Meninggal Sebelum Dilantik

SEBANYAK 91 dari 93 kepala desa (Kades) terpilih masa jabatan 2017-2023, disumpah dan dilantik oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuningan, Selasa (3/10).

bupati kuningan lantik puluhan kepala desa
Bupati Kuningan Acep Purnama lantik 91 kades. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon
Sebelum dilantik, mereka berdiri berjajar rapi dengan memakai pakaian kemeja dan celana serba putih. Sejenak menundukkan kepala seraya berdoa karena dari 93 desa yang telah melaksanakan pemilihan kepala desa serentak tersebut.

Dua orang yakni Ono, kepala desa terpilih Desa Cieurih, Kecamatan Cidahu dan Tito Sumarna, kepala desa terpilih Desa Ccineumbeuy, Kecamatan Lebakwangi meninggal dunia.

Pelantikan kepala desa itu dihadiri suami/istri kepala desa yang diantik, BPD, suami/isteri, perangkat desa dan panitia pelantikan kepala desa dari masing-masing desa. 

Selain itu, pelantikan dihadiri pula oleh Wakil Bupati Dede Sembada, Ketua Pengadilan Negeri Kuningan, Plt. Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan, Dan Lanal Cirebon Letkol. 

Marinir Yustinus Rudiman, Muspika di wilayah Pilkades, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Ketua Darma Wanita Persatuan Kabupaten Kuningan dan PKK beserta jajaran.

Bertindak selaku saksi dalam pelantikan tersebut Sekretaris Daerah, Drs Yosep Setiawan MSi dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Kuningan, Drs H Maman Hermamsyah MSi. 

Tepat pukul 09.00 WIB acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan pembacaan Keputusan Pengangkatan Kepala Desa oleh Kabid Pemerintahan Desa, H Akhmad Faruk SSos MSi. 

Pengambilan sumpah jabatan diwakili 7 kepala desa diikuti oleh kepala desa lainnya yang dilantik. Pelantikan Kepala Desa didasari atas Keputusan Bupati Kuningan No.141.1/KPTS-550-BPMD-2017 yang di tetapkan tanggal 8 September 2017.

“Ini sungguh merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri, karena dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa di Kabupaten Kuningan berjalan aman dan lancar. Namun, atas nama pemerintahan daerah saya turut berbela sungkawa atas meninggalnya rekan kita yakni Bapak Tito dan Bapak Ono calon kepala Desa Cineumbeuy dan Desa Cieurih,” kata Acep.

Iamengatakan, sumpah yang diucapkan dalam pelantikan merupakan tanggungjawab yang harus diemban oleh para kepala desa dalam menjalankan amanah dari rakyat. Diharapkan dalam menjalankan amanah tersebut kepala desa harus senantiasa mementingkan kepentingan warga masyarakat.

Kepada kepala desa yang telah dilantik ini, Acep mengharapkan dapat menjalin kerjasama yang baik dengan semua komponen pemerintahan desa, mulai dari Perangkat desa termasuk BPD, LPM serta lembaga-lembaga kemasyarakatan desa lainnya.

“Saya ingatkan bahwa masyarakat desa harus tetap menjaga lingkungan hidup, agar tetap lestari dan memberikan kenyamanan kepada kita, apalagi Kabupaten Kuningan sudah di nyatakan sebagai Kabupaten Konservasi,” katanya.(ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Dua Kepala Desa Terpilih Meninggal Sebelum Dilantik"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...