Kemenpora Beri Modal kepada Pengusaha Muda

CIREBON – Langkah Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dalam meningkatkan jumlah pengusaha kreatif di tanah air tampaknya kian nyata. 
kemenpora dorong usaha kreatif pemuda
Sutrija (tengah) dorong usaha kreatif pemuda. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Hal itu seiring dengan seriusnya pembinaan yang dilakukan Kemenpora guna cetak pengusaha kreatif yang unggul.

Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora, Dr H Sutrija menjelaskan, pelaku usaha  muda dan kreatif di Cirebon bakal diguyur modal Rp20 juta. Modal tersebut diberikan kepada pengusaha muda yang telah menjalankan usaha lebih dari dua tahun.

“Modalnya per orang Rp20 juta. Modal ini bukan dana bergulir tapi benar – benar fasilitasi supaya pemuda ini bisa menjadi wirausaha yang maju,” ungkap Sutrija kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Dijelasknnya, bantuan modal  hanya diberikan pada pengusaha muda  yang teruji kualitas produk dan prospek bisnisnya. Untuk itu, salah satu syarat bagi yang  ingin mendapatkan bantuan modal ialah mempunyai produk asli buatan sendiri dan dibutuhkan pasar.

“Di antara semua yang ikut, namanya penumbuhan minat wirausaha. Nanti diseleksi lagi untuk dilatih. Kemudian, diseleksi kembali, siapa yang siap untuk  berwirausaha akan diberikan  modal oleh Kemenpora,” lanjutnya.

Di samping itu, kata dia, bantuan modal yang dipriorotaskan bagi  pengusaha muda. Pengusaha  masih punya banyak waktu untuk mengembangkan usaha. Sedangkan, rata – rata wirausaha muda masih terkendala permodalan.

Bagi pengusaha pemula,  mendapatkan mudah  merupakan perkara  yang tidak mudah. Pasalnya, akses ke perbankan untuk mendapatkan modal  juga masih sulit dengan alasan prospek bisnis yang belum teruji.

“Karena, pemuda itu mau pinjam  ke  orang tua juga bingung. Ke bank juga belum bankable. Makanya modal ini kami harapkan sampai dengan bankable supaya maju,” jelasnya. (wan)

Dapatkan berita terkini:

1 Response to "Kemenpora Beri Modal kepada Pengusaha Muda"

  1. Apakah bantuan dimaksud juga diperuntukan bagi wirausaha muda pemula yg ada di pelosok desa tertinggal seperti kami di desa lapandewa kabupaten buton selatan sulawesi tenggara?

    BalasHapus

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...