Sambut HUT RI, PKS Muda Bersihkan Sampah di Ciremai

KUNINGAN - Beragam cara dilakukan masyarakat untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72. Salah satu cara yang cukup unik dilakukan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Kuningan melalui aksi bersih Gunung Ciremai.
pks kuningan bersihkan sampah di jalur pendakian ciremai
PKS Kuningan mendaki Ciremai. Foto: Mumuh/Rakyat Cirebon
Sekaligus Launching PKS Muda  yang digelar  12-13 Agustus lalu. Puluhan aktivis PKS Muda Kuningan ini membersihkan sampah-sampah di sepanjang jalur pendakian Gunung Ciremai.

Mengambil start dari Palutungan, para pendaki bersiap menaklukan gunung tertinggi di Jawa Barat ini. Di sepanjang jalur pendakian, tanpa basa basi para anak muda PKS ini langsung memungut sampah non organik seperti plastik, botol air mineral, kemasan snack dan lain-lain untuk dibawa ke bawah. 

Para peserta yang berjumlah sekitar 60 orang tersebut merupakan para remaja dan pemuda dengan rata-rata usia dibawah 30 tahun. Mereka sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan yang sangat mulia itu. 

Ketua DPD PKS Kuningan, H Agus Budiman SPt dalam sambutannya ketika melepas peserta aksi mengungkapkan, PKS Muda merupakan wadah berkumpulnya potensi-potensi muda, juga menjadi pusat anak muda dalam mengembangkan diri bersama komunitas-komunitas PKS lainnya. 

Dalam melaunching PKS Muda Kuningan tersebut, Agus mengatakan hanya satu semangat yang ditonjolkan, yakni berkhidmad untuk rakyat. 

“Launching PKS Muda ini sesuai dengan arahan dari DPP. Selain itu, kegiatan launching PKS Muda ini juga sesuai instrusi DPP yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia dalam momentum kemerdekaan RI. Rencananya, pada tanggal 28 Oktober 2017 di Sabuga Bandung akan diadakan silaturahim 5000 pemuda Jawa Barat dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda,” ungkap Agus yang juga satu-satunya Calon Bupati Kuningan dari PKS itu. 

Sementara itu, Koordinator PKS Muda Kuningan, Fuad Nafis menjelaskan, PKS Muda adalah sebuah langkah yang digagas oleh kader PKS untuk mengenalkan tentang Partai Keadilan Sejahtera kepada kawula muda. 

Hal lainnya yakni sebagai sarana aktualisasi diri, pengembangan minat bakat, sekaligus sekolah politik bagi para anak muda yang ikut bergabung dalam kelompok PKS Muda di Kuningan. 

“Patriotik, Kreatif dan Setiakawan, itulah semangat PKS Muda yang telah dibentuk di Kuningan. Semua hal yang menjadi bidang garapan dan tempat berkumpul ini bertujuan untuk aktualisasi dan pengembangan diri. Di dalamnya jua ada soal religi, entrepreneur, olahraga, seni budaya, lingkungan, sosial dan bidang lain,” kata Nafis.  

Salah satu aktualisasi diri yang ditanamkan dalam jiwa PKS Muda, lanjut Nafis, yakni melakukan aksi bersih-bersih jalur pendakian Gunung Ciremai sebagai wujud kecintaan anak-anak muda yang tergabung dalam PKS Muda terhadap lingkungan. 

Kegiatan bersih-bersih gunung tersebut menurutnya sengaja dilakukan dalam momentum penyambutan HUTke-72 Kemerdekaan RI sebagaimana yang telah diinstruksikan PKS dari pusat. 

“Kemarin teman-teman muda pecinta lingkungan telah melakukan aksi bersih-bersih sampah di jalur pendakian Gunung Ciremai, dalam rangka menyambut HUT RI ke-72 sekaligus melaunching secara resmi PKS Muda. Mari kita tingkatkan keperdulian terhadap lingkungan dengan tidak membuang dan meninggalkan sampah di Gunung Ciremai agar gunung tertinggi di Jawa barat ini tetap bersih, indah dan lestari,” ajak Nafis. (muh)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Sambut HUT RI, PKS Muda Bersihkan Sampah di Ciremai"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...