Bangunan Puskesmas belum Jadi Sudah Ambruk

KUNINGAN - Belum 100 persen selesai dibangun, tembok beton yang berada dilantai dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kuningan yang berada di Kelurahan Cijoho Kuningan, ambruk. Beruntung tidak korban jiwa dalam peristiwa ini.
bangunan puskesmas cijoho ambruk
Bangunan puskesmas Cijoho ambruk. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon
Berdasarkan data yang diperoleh, peristiwa ambruknya Puskesmas Kuningan terjadi sekitar pukul 14.00 Wib, tembok beton yang berada di lantai dua ambruk, pegawai Puskesmas dan masyarakat yang saat itu sedang berobat, berhamburan ke luar Puskesmas untuk menyelamatkan diri.

Sejumlah kalangan menyayangkan ambruknya Puskesmas yang merupakan pusat pelayanan masyarakat, karena diduga kuat proses pembangunannya asal-asalan sehingga kontur bangunan tidak kuat lama, bahkan kondisi disekeliling ruangan lantai 2 puskesmas sangat memprihatinkan.

Puskesmas Kuningan merupakan satu dari delapan puskesmas yang sedang dalam tahap pembangunan rehabilitasi dan relokasi, untuk puskesmas yang direhab adalah Puseksmas Kuningan, Sukamulya, Luragung dan Jalaksana. 

Sedangkan puskesmas yang direlokasi adalah Puskesmas Sindang agung, Cipicung, Karangkancana dan Kadugede.

"Nilai pembangunan puskesmas ini kan cukup besar, Rp300 juta sampai Rp1 miliar. Jadi harus sesuai nilai dan bangunanya harus kokoh sesuai perencanaan yang ada," kata Rian Septian mahasiswa.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Raji ketika dikonfirmasi membenarkan ambruknya tembok beton di lantai 2 Puskesmas Kuningan, ambruknya tembok dilantai dua karena bangunan itu belum selesai sedangkan plafonnya sudah finising sampai disitu, sekarang ditahun 2017 mau dilanjutkan pekerjaan.

“Yang ambruk itu memang karena kondisinya masih mentah, tidak ada human eror dalam peristiwa ini, bangunan yang ambruk akan dikerjakan tahun ini,” kata Raji

Dikatakan Raji, pada tahun 2016 ada 8 Puskesmas yang direhab dan direlokasi diantaranya, Puskesmas Karangkencana, Luragung, Cipicung, Kuningan, Sindang Agung, Jalaksana, Kadugede dan Sukamulya.

Puskesmas yang direhab adalah Puseksmas Kuningan, Sukamulya, Luragung dan Jalaksana, sedangkan puskesmas yang direlokasi adalah Puskesmas Sindang agung, Cipicung, Karangkancana dan Kadugede.

“Bulan ini, kedelapan bangunan Puskesmas yang belum selesai pengerjaannya, akan diselesaikan semua,” jelasnya.(ale)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "Bangunan Puskesmas belum Jadi Sudah Ambruk"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...