600 Calhaj Belum Terima Visa, Terpaksa Pakai Sistem Tambal Sulam

SUMBER – Kekhawatiran menghantui ratusan calon jemaah haji (calhaj) di Kabupaten Cirebon. Pasalnya hingga saat ini masih ada sekitar 600 calhaj belum menerima visa. Bahkan, keberangkatan sejumlah calhaj pun terpaksa diundur.
calhaj kecewa jadwal pemberangkatnya  diundur
Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra lepas calhaj. dok. Rakyat Cirebon
Ketua Forum KBIH Kabupaten Cirebon, Karna Sami mengatakan, dari  2.447 jemaah haji, 600 diantaranya belum mendapatkan visa.

"Kaitan dengan hal itu saya sudah komunikasi dengan KBIH lainnya. Ternyata sama di Bekasi juga mengalami keterlambatan,” ucap Karna yang juga menjabat sebagai Ketua KBIH Islamic Centre Kabupaten Cirebon.

Karna mengaku tidak bisa berbuat banyak, mengingat yang memiliki kewenangan mengeluarkan visa adalah pemerintah Arab Saudi melalui kedutaannya di Indonesia. 

"Kalau belum turun visanya berarti, pemerintah Arabnya yang belum menurunkan visa mas," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan,  persoalan keterlambatan visa itu tak hanya terjadi di KBIH Islamic Centre. Tapi merata dibeberapa KBIH yang ada di Kabupaten Cirebon. Dari data yang ada, 2.447 calhaj itu terbagi menjadi tujuh kloter, yakni kloter 7, 14, 31, 72, 73, dan 81. Namun, sejauh ini baru dua kloter yang sudah diberangkatkan yakni kloter 7 dan 14.

"Kita pakainya tambal sulam, yang visanya siap kita berangkat di kloter yang jadwalnya lebih dulu. Yang belum ada kita undur ke kloter lain. Ya kasihan juga, kadang yang belum siap-siap malah disuruh berangkat," paparnya.

Sementara itu, salah seorang calhaj asal Kabupaten Cirebon, Muhamad Sahlan harus rela jadwal keberangkatan ke tanah sucinya diundur. Pasalnya, Sahlan belum juga menerima visa. 

"Kalau sesuai jadwal harusnya saya berangkat sama rombongan 29 Juli lalu. Tapi karena belum ada visa akhirnya diundur ikut tanggal 3 ini,” jelasnya. 

Sahlan juga menyesalkan adanya keterlambatan pembuatan visa. Pasalnya, tak sedikit masyarakat yang beranggapan miring kepada para calhaj ketika keberangkatannya diundur. 

"Jangan sampai jemaah kecewa.  Tanggapannya masyarakat kan jadi lain lain. Kalau koper sih sudah diberangkatkan duluan.Insyallah lusa mungkin saya bisa diberangkatkan," tandasnya. (ari)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "600 Calhaj Belum Terima Visa, Terpaksa Pakai Sistem Tambal Sulam"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...