11 Ribu Keluarga Miskin Belum Terdaftar BNPT

CIREBON – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang menjadi salah satu upaya pemerintah dalam peningkatan perekonomian masyarakat di Kota Cirebon masih terkendala data. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Cirebon, H Jamaludin SSos.
dinsos kota cirebon belum perbarui data keluarga miskin
 Jamaludin. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Jamal mengungkapkan, masih ada 10.887 keluarga miskin belum masuk daftar  keluarga penerima manfaat (KPM) BNPT. Hal ini terjadi karena belum adanya pembaharuan data dari dinas yang dimpimpinnya. Sehingga penyaluran BPNT berpotensi tidak tetap sasaran. 

Jamaludin mengklaim, data penerima BPNT yang berubah terjadi pada penyaluran Januari dan Februari lalu yang menggunakan data PPLS 2011. Mulai Maret, tutur Jamal, Dinsos akan menggunakan data PBDT 2015.

“Sehingga KPM yang menerima BPNT pada Januari dan Februasi untuk bulan Maret dan seterusnya ada yang tidak masuk atau tidak mendapat bantuan,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Dari data terbaru, sebanyak 27.881 keluarga miskin, 16.994 jiwa diantaranya termasuk dalam daftar penerima BPNT. Sedangkan, 10.887 sisanya belum termasuk ke dalam daftar penerima. 

“Jumlah keluarga miskin sudah ada 27.881 kemudian yang mendapat bantuan itu 16.994 yang semula dari raskin itu 17 ribu sekian kemudian di BPNT itu 16.994 yang mendapat bantuan,” ujarnya.

Sebanyak 16.994 penerima BPNT tersebar di Kecamatan Kejaksan sebanyak 2.062 jiwa, Kecamatan Kesambi sebanyak 5.55 jiwa, Kecamatan Lemahwungkuk sebanyak 4.040 jiwa, Kecamatan Harjamukti sebanyak 5.960 jiwa dan Kecamatan Pekalipan sebanyak 1.577  jiwa.

“Mulai Maret ke depan, datanya ada perubahan artinya sumber datanya sebelumnya dari Januari ke Februasi itu kan datanya dari 2011. Mulai Maret menggunakan data 2015. Secara administratif yang kami sikapi itu banyak perubahan jumlahnya tetap CPCL yang ada perubahan mungkin itu sebelumnya meng cover yang belum dapat,” jelas Jamaludin.

Pihanya akan melakukan verivikasi dan validasi data. Menurutnya,  kondisi masyarakat sangat dinamis. Sehingga dimungkinkan  ada  perubahan status sosial, ekonomi, dan  permasahan administrative lainnya yang belum tercatat dalam rekap data Dinsos.

Jamal mengharapkan, ada upaya nyata dari pemerintah Kota Cirebon untuk memberikan perhatian khusus kepada 10.887 keluarga miskin yang tidak termasuk dalam daftar penerima manfaat BPNT.

“10.887 keluarga miskin belum masuk dapat penerima program BPNT di Kota Cirebon agar bisa diakomodir oleh pemerintah dengan program BPNT yang dibiayai oleh APBD Kota Cirebon,” tutupnya. (wan)

Dapatkan berita terkini:

0 Response to "11 Ribu Keluarga Miskin Belum Terdaftar BNPT"

Posting Komentar

Komentar mengandung spam, p*rn*grafi, asusila, provokasi dan link aktif akan dihapus

loading...